Rabu, 15 Februari 2012

Membuat Kartu Nama
Sebelum kita mulai membuat kartu nama, hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan bidang kerja untuk kartu nama tersebut, diantaranya kotak untuk menempatkan teks ataupun gambar.
A. Persiapan Bidang Kartu Nama

  1. Buka lembar kerja baru pada CorewDRAW 12 dengan klik menu File > New
  2. Selanjutnya ganti satuan Unit dengan satuan centimeter agar kamu dapat memperhitungkan bidan pada bagian Property Bar dengan tepat.
  3. Lembar kerja yang kita butuhkan tidak terlalu lebar sebab bidang kartu nama yang akan kita buat tidak membutuhkan ruang yang besar, jadi cukup kita pilih tipe letter pada Paper Type/size pada Property Bar
  4. Kemudian klik Rectangle Tool ( ) pada Toolbox, buatlah objek persegi panjang dengan orientasi horizontal.
  5. Aktifkan objek persegi panjang yang baru saja dibuat, kemudian atur ukuran pada object(s) Size dengan ukuran 9 x 5,5 cm di bagian Property Bar.
  6. Usahakan objek persegi panjang tetap aktif, kemudaian klik warna kuning terang (Light Yellow) pada Color Palette.
B. Menyisip Ornamen pada Bidang Kartu Nama
  1. Sesuaikan ruler dengan bidang kartu nama, yakni dengan mendrag tepat pada garis perpotongan Ruler hingga menyentuh sudut kiri atas objek bidang kartu.
  2. Selanjutnya klik Rectagle Tool pada Toolbox kemudian buatlah persegi panjang dengan orientasi horizontal di dalam bidang kartu nama.
  3. Aktifkan objek persegi panjang tersebut kemudian atur ukurannya pda Object(s) size pada Property Bar berukuran 8 x 5,5 cm
  4. Agar objek persegi panjang tersebut tepat berada di tengah-tengah bidang kartu nama, maka gunakan rulers sebagai panduannya.
  5. Buatlah sudut objek persegi panjang tersebut menjadi tumpul. Caranya aktifkan objek persegi panjang kemudian klik shape tool ( ) pada Toolbox. Kemudian tarik salah satu sudut persegi panjang sehingga sudutnya tumpul.
  6. Jika garis objek persegi panjang tersebut dibiarkan polos, maka kartu nama kurang menarik. Oleh sebab warnailah outline-nya dengan tebalkan. Caranya aktifkan kemudian klik kanan warna jingga (orange) pada Color Palette, lalu klik Outline Tool > 2 Point Outline (Thin) ( _) pada Toolbox.
  7. Berikutnya klik menu Text > Insert Symbol Character untuk memunculkan Docker Insert Character pada lembar kerja
  8. Pada Docker Insert Character atur font + Windings 2, kemudian pilih simbol karakter yang sekiranya dapat digunakan sebagai hiasan pada bidang kartu nama. Atur ukuran karakter pada bagian Character Size = 1,5 cm. Bila sudah, klik tombol Insert
  9. Selanjutnya tempatkan simbol karakter tersebut di bagian pojok kanan atas bidang kartu nama
  10. Selanjutnya warnai simbol karakter tersebu, caranya aktifkan lali klik warna jingga (Oranger) pda Color Palelete.
  11. Apabila outline atau garis batas pada simbol karakter dirasa kurang artistik, maka hilangkanlah. Caranya adalah aktifkan simbol karakter kemudian klik kanan No Color ( ) pada Color Palette.
  12. Bila satu simbol karakter kurang menarik untuk diletakkan pada bidang kartu nama, kamu dapat menambahkan yang lainnya.
C. Menuliskan Teks pada Bidang Kartu Nama
  1. Klik Text Tool ( ) pda Toolbox, kemudian pilih font = Lucida Calligraphy dengan ukuran 24 pt, pilih aksen Underline pda bagian Property Bar. Jangan lupa klik Aign Center ( ) di Property Bar. Ketiklah teks nama panggilan lalu ketik di bawahnya nama lengkap di tengah-tengah bidang kartu nama.
  2. Selanjutnya klik Text Tool kembali pda Toolbox, kemudian seleksi nama lengkap. Klik aksen Undrline lalu ganti font = Niagara Solid dengan ukuran 12 pt pada Property Bar.
  3. Agar teks nama tampil menonjol, maka warnailah teks tersebut . klik Pick Tool ( ) pada toolbox kemudian aktifkan teks nama kemudian klik warna biru (blue) pada Color Palette.
  4. Setelah itu kita akan menuliskan alamat rumah. Klik kembali Text Tool pada Toolbox, kemudian pada Property Bar atur font Barkerville Old Face dengan ukuran 8 pt, utuk aksen pilihan normal. Ketik teks alamat rumah besert nomor telpon di pojok kanan bawah bidang kartu nama.
  5. Selanjutnya ketik alamat kantor. Klik Text Tool Pada Toolbox kemudian pada Property Bar atur font = Bakerville Old Face dengan ukuran 8 pt untuk aksen normal. Ketik teks alamat kantor serta nomor telpon di pojok kiri bawah bidan kartu nama
D. Mempernyak Bidan Kartu Nama pada Lembar Kerja
  1. Klik Pickt Tool, lalu drag seluruh bidang kartu nama
  2. Kemudian klik menu Arrage > Group untuk menyatukan bidang kartu nama beserta ornamen di dalamnya.
  3. Aktifkan bidang kartu nama yang telah kamu satukan kemudian klik-tahan geser ke kanan atau sebelahnya, kemudian klik kanakan dan lepaskan. Bidang tersebut telah tergandakan.
  4. Klik kembali Pick Tool pada Toolbox kemudian drag kedua bidang kartu nama, lalu klik-tahan-tarik ke bawah, klik kanan dan lepaskan. Dengan demikian sekarang terdapat empat bidang kartu nama.
  5. Berikutnya tekan tombol kombinasi Ctrl+D pada keyboard secara berulang-ulang hinggga lembar kerja dipenuhi bidang kartu nama.
  6. Terakhir simpanlah kartu nama ini dengan mengklik menu File > Save AS. Bila kotak dialog Save Drawing muncul, ketik di File name = Kartu Nama Bag 1. Simpan dalam foramt CDR dalam Save as type. Klik tombol Save untuk mengeksekusi penyimpanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar